Desain Komunikasi Visual

S1 Desain Komunikasi Visual – Terakreditasi B

Desain Komunikasi Visual adalah ilmu desain berbasis komunikasi visual dan estetika yang memanfaatkan serta memberdayakan elemen-elemen visual sebagai alat untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan suatu pesan atau informasi yang akan dikomunikasikan agar pesan tersebut dapat mempengaruhi dan merubah perilaku sasaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan, secara informatif, komunikatif dan persuasif melalui pemahaman yang baik mengenai seni visual.

Peranan pendidikan desain menjadi bagian penting dalam perkembangan industri kreatif, guna menjawab tantangan global saat ini dan masa depan. Di Desain Komunikasi Visual anda bisa merancang desain commercial & promotion for print media & electronic, above the line and below the line. Dengan metode belajar praktikum, mahasiswa diajarkan cara membuat film, mulai dari story board, pengambilan gambar, hingga pengeditan, photography untuk desain periklanan produk dan jasa, fashion, arsitektur, dan jurnalistik.

DKV Universitas Esa Unggul. mencetak Desainer Komunikasi Visual yang matang dalam konsep dan desain yang up to date. Mahasiswa dipacu untuk jadi kreatif, baik dalam melakukan setiap aktifitas perkuliahan dengan fasilitas dan suasana akademik yang sangat memadai, mengarahkan networking untuk masa depan serta siap menjadi desainer bidang Desain Film dan TV, Desain Printing, Desain Pameran, Desain Multimedia dan Desain Ilustrasi yang handal.

Pilihan Peminatan :

  1. Desain Film TV
  2. Desain Cetak
  3. Desain Pameran
  4. Desain Multimedia
  5. Desain Ilustrasi
  6. Digital Animasi

Kompetisi Lulusan

Lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan desain di media grafis, media interaktif, media audio visual dan media komunikasi visual.

Di samping itu, lulusan mempunyai kemampuan untuk mengolah, mengembangkan, dan mengkomunikasikan konsep kreatif yang akan digunakan dalam pengembangan karya desain komunikasi visual, menyiapkan karya desain akhir (final artwork) untuk diproduksi, melakukan prosedur formal yang berhubungan dengan sistem untuk mendokumentasikan proyek desain komunikasi visual pada industri kreatif, bekerja dalam konteks sebuah organisasi desain, melindungi proses kerja dan hasil kerja desain dari penggunaan yang tidak berhak , mengoperasikan perangkat media audio visual, mempersiapkan media audio visual untuk platform (video, TV dan lain sebagainya) yang berbeda pada industri desain kreatif, membuat pencitraan yang berkualitas untuk materi audio visual; menggabungkan audio dan video ke dalam sajian multimedia dalam produksi pada industri desain komunikasi visual , mengembangkan dan membangun sikap mental dan kepribadian wirausaha.

Visi

Menjadi Program Studi Desain Komunikasi Visual yang Unggul untuk menghasilkan lulusan yang profesional dibidang desain interactive media berbasis intelektualitas, tanggap teknologi-informasi, berwawasan kebudayaan nusantara, berjiwa kreatif, inovatif, design preneurship (digital/creativepreneurship), mempunyai semangat kolaboratif dan bermoral mulia agar dapat bersaing ditingkat global ditahun 2033.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan akademik yang bermutu unggul menggunakan kurikulum global, kondusif, menyenangkan dengan mengikuti informasi dan
    perkembangan zaman, mengikuti dan menggunakan perkembangan tekhnologi, menanamkan moral mulia sesuai dengan kurikulum desain yang berlaku
    sehingga menghasilkan lulusan yang unggul dibidang desain interactive media berbasis intelektualitas, tanggap tekhnologi, berwawasan kebudayaan
    nusantara, berjiwa kreatif, berjiwa inovatif, design preneurship (digital/creativepreneurship), berjiwa kewirausahaan, mempunyai semangat kolaboratif dan bermoral mulia yang memiliki daya saing global.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang menggali dan mengembangkan budaya nusantara, menjunjung tinggi semangat kolaboratif,
    menerapkan ilmu pengetahuan, seni, tekhnologi dan etika guna menunjang perkembangan bidang desain komunikasi visual dibidang interactive media
    yang menghasilkan penelitian dan rekognisi nasional maupun internasional.
  3. Terbuka dan menjalin kerjasama dengan program studi yang serumpun atau lintas disiplin ilmu, baik didalam universitas sendiri maupun dengan
    universitas lain, pelaku industri, lembaga atau instansi pemerintah atau swasta baik ditingkat nasional maupun internasional dalam upaya peningkatan mutu dan hasil pembelajaran yang unggul dibidang interactive media berbasis intelektualitas, tanggap tekhnologi, berwawasan kebudayaan nusantara,
    berjiwa kreatif, berjiwa inovatif, design preneurship (digital/creativepreneurship), berjiwa kewirausahaan, mempunyai semangat kolaboratif dan bermoral mulia yang memiliki daya saing global.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang Unggul dibidang desain interactive media berbasis intelektualitas, tanggap tekhnologi, berwawasan kebudayaan nusantara,
    memiliki kemampuan berbahasa asing, memiliki kemampuan menganalisa, cerdas dan berpikir kritis, berjiwa kreatif, inovatif, designpreneurship
    (digital/creativepreneurship), kewirausahaan, mempunyai semangat kolaboratif dan bermoral mulia yang memiliki daya saing global.
  2. Menghasilkan lulusan yang Unggul dibidang desain interactive media yang memiliki pemikiran analitik, problem solving, out of the box, mampu bekerja dibawah tekanan, mampu menyesuaikan dengan lingkungan, mampu bekerja secara mandiri maupun bekerjasama dalam team, mempunyai semangat
    kolaboratif untuk mendukung pelaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menggali dan mengembangkan budaya nusantara, menerapkan ilmu pengetahuan, seni, tekhnologi dan etika yang menghasilkan rekognisi nasional maupun internasional.
  3.  Menghasilkan dan merealisasikan program kerjasama dengan program studi yang serumpun atau lintas disiplin ilmu, baik didalam universitas sendiri
    maupun dengan universitas lain, pelaku industri, lembaga atau instansi pemerintah atau swasta baik ditingkat nasional maupun internasional dalam upaya peningkatan mutu dan hasil pembelajaran yang Unggul di bidang interactive media yang memiliki daya saing global.
  4. Memberikan layanan kepada masyarakat sebagai upaya perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi dalam proses dan pemutakhiran pengembangan pembelajaran yang Unggul dibidang desain interactive media.

Sasaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, design preneurship (digital/creativepreneurship), communication, dan self confidence) Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC) Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum mengadopsi standar-standar nasional, MBKM dan internasional dan berdaya saing Global.
  2. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan
    referensi, Praktikum di Laboratorium/ Studio dengan fasilitas terbaik, Bimbingan Akademik yang bermutu Unggul dibidang desain interactive media,
    memiliki pengetahuan yang luas, berjiwa design preneurship (digital/creativepreneurship), mempunyai semangat kolaboratif, mengadopsi standar-standar nasional, MBKM dan internasional dan berdaya saing Global.
  3. Mengadakan Lokakarya, Pelatihan, Diskusi Interaktif, Kuliah Umum, Kuliah Dosen Tamu, Workshop Desain, Technologi dan Lintas Ilmu, Seminar Nasional dan Internasional, Bedah Buku dari pakar dan praktisi profesional, Interntional Student Exchage, Mengarahkan mahasiswa untuk mengikuti program MBKM melalui Website Kemendikbud maupun Program MBKM Mandiri Program Studi Desain Komunikasi Visual.
  4. Menyelenggarakan Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa yang bermutu Unggul dibidang desain interactive media, memiliki pengetahuan yang luas, berjiwa design preneurship (digital/creativepreneurship), mempunyai semangat kolaboratif, mengadopsi standar-standar nasional, MBKM dan
    internasional agar mempunyai daya saing Global.
  5. Menyediakan tempat Praktek Kerja Lapangan untuk Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual di Perusahaan mitra baik tingkat Nasional dan
    Multinasional yang bermutu Unggul dibidang desain interactive media, memiliki pengetahuan yang luas, berjiwa design preneurship (digital/creativepreneurship), mempunyai semangat kolaboratif, mengadopsi standar-standar nasional, MBKM dan internasional agar mempunyai daya saing Global.
  6. Membimbing dan mengarahkan Mahasiswa agar dapat menciptakan karya desain yang bermutu Unggul dibidang desain interactive media, memiliki
    pengetahuan yang luas, berjiwa design preneurship (digital/creativepreneurship), mempunyai semangat kolaboratif, mengadopsi standar-standar nasional, MBKM dan internasional agar mempunyai daya saing Global sebagai bentuk kristalisasi nilai-nilai yang terkandung didalam Visi dan Misi Program Studi Desain Komunikasi Visual.
  7. Mengadakan pameran hasil karya yang bermutu Unggul dibidang desain interactive media, memiliki pengetahuan yang luas, berjiwa design preneurship (digital/creativepreneurship), mempunyai semangat kolaboratif, mengadopsi standar-standar nasional, MBKM dan internasional dan berdaya saing Global yang sudah diciptakan baik ditingkat Nasional maupun Internasional.

Profesi dan Karir Lulusan

Sarjana Desain Komunikasi Visual dapat bekerja dan berkarir sebagai :

1. Graphic Designer

  • Layouter
  • Typographer
  • Fotographer
  • Content Creator
  • Illustrator
  • Mobile Creative Designer
  • Copywriter
  • Packaging Designer
  • Social Media Graphic Designer
  • Sign System Designer
  • Advertising Agency Designer
  • Advertising Visual Communications
  • Creative Director
  • Art Director

2. Videographer

  • Video Editor
  • Storyteller
  • Storyboarder
  • Video Content Creator
  • Video Shoot
  • Motion Graphic Designer
  • Video Virtual Tour
  • Video Bumber In/Out Artist
  • Video Producer
  • Ad Maker
  • Ad/Film Production Assistant
  • Ad/Film Production House
  • Advertising Director

3. UI/UX/Web Designer

  • Website Developer
  • Official Website
  • Website Wireframe Designer / Website Visual Layouter
  • Website Front-End Development
  • User Interface (UI) Designer
  • Website Content Creator
  • Website Tester
  • User Experience (UX) Designer
  • Augmented Reality Designer
  • Mobile Apps Designer
  • Webmaster (Web Architect, Website Administrator, Website Coordinator /Project Manager)

4. Animation Designer (Animator)

  • Script Writer / Storytelling artist
  • Storyboarder/Storyboard Artist
  • Illustrator 2D/3D (Character Designer/Artist)
  • Multimedia/Interactive Communication Designer
  • Colorist/Color Artist, Environment/Background 2D/3D Designer/Artist
  • Texture 2D/3D Artist
  • Animation Compositing Artist
  • Animation Visual Effects Artist
  • Animation Rigging Artist
  • Sound Effect/Voice Over Artist/Sound Engineer Animation Artist for 2D/3D
  • Animation Bumber In/Out Artist for 2D/3D
  • Animation Video Editor for 2D/3D
  • Stop Motion Artist for 2D/3D
  • Animation Production House
  • Animation Art Director

5. Exhibition Designer (Exhibitor)

  • 3D Asset / Building Designer
  • 3D Avatar Virtual Designer
  • 3D Texture Designer
  • 3D Lighting Designer
  • Promotion Booth Designer
  • Promotion Stand Designer
  • Music/Theater/Show Stage Designer
  • 3D Assets Virtual Promotional Booth Designer
  • 3D Assets Virtual Promotional Stand Designer
  • 3D Assets Virtual Exhibition Designer
  • 3D Assets Virtual Music/Theater/Show Stage Designer
  • 3D Assets Virtual Event Organizer
  • 3D Assets Virtual Class Room Designer
  • 3D Assets Virtual Training/Seminar/Workshop Designer
  • 3D Assets Virtual Company Designer
  • 3D Assets Virtual Learning Class Designer
  • 3D Assets Virtual Shop Designer
  • 3D Assets Virtual Mall Designer
  • 3D Assets Virtual Building Designer
  • 3D Assets Virtual Branding Designer
  • 3D Assets Virtual Tour Designer

6. Game Designer

  • Game Storytelling Artist
  • Game Developer
  • Game Storyboarder/Artist
  • Game Character 2D/3D Designer/Artist
  • 3D Avatar Virtual Designer
  • Game Building 2D/3D / Asset Designer/Artist
  • Game Texture 2D/3D Designer/Artist
  • Game Compositing 2D/3D Designer/Artist
  • Game Visual Effect 2D/3D Designer/Artist
  • Game Rigging 2D/3D / Designer/Artist
  • Game Sound Effect/Voice Over Artist/Sound Engineer 2D/3D Designer/Artist
  • Game Bumber In/Out 2D/3D Designer/Artist
  • Animation Editor for Game 2D/3D / Stop Motion Artist for Game 2D/3D
  • Game Production House
  • Game Art Director
  • 3D Virtual Promotional Booth Designer
  • 3D Virtual Promotional Stand Designer
  • 3D Virtual Exhibition Designer
  • 3D Virtual Music/Theater/Show Stage Designer
  • 3D Virtual Event Organizer
  • 3D Virtual Class Room Designer
  • 3D Virtual Training/Seminar/Workshop Designer
  • 3D Virtual Company Designer
  • 3D Virtual Learning Class Designer
  • 3D Virtual Shop Designer
  • 3D Virtual Mall Designer
  • 3D Virtual Building Designer
  • 3D Virtual Branding Designer
  • 3D Virtual Tour Designer

7. Designpreneurship (Digital/Creativepreneurship)

  • Digital/Creative Marketing Agency
  • Branding Consultant / Virtual Branding Consultant
  • Company Founder/Founder of a Design Company
  • Virtual Company Founder/Founder of a Virtual Design Company
  • Chief Executive Officer (CEO)
  • Chief Executif Virtual Officer (CEVO)
  • Executive Director

Program Educational Objective (PEO) dari Program Studi Desain Komunikasi Visual adalah berfokus pada bidang interactive media dimana bidang ini merupakan profesi kemampuan dimasa depan seperti Exhibition Designer (Exhibitor) yang meliputi ; 3D Avatar Virtual Designer, 3D Virtual Promotional Booth Designer, 3D Virtual Promotional Stand Designer, 3D Virtual Exhibition Designer, 3D Virtual Music/Theater/Show Stage Designer, 3D Virtual Event Organizer, 3D Virtual Class Room Designer, 3D Virtual Training/Seminar/Workshop Designer, 3D Virtual Company Designer, 3D Virtual Learning Class Designer, 3D Virtual Online Shop Designer, 3D Virtual Building Designer, 3D Virtual Branding Designer merupakan pernyataan umum yang menggambarkan apa yang diharapkan akan dicapai lulusan dalam beberapa tahun setelah lulus. PEO didasarkan pada kebutuhan dan prediksi kemampuan masa depan.
Selain itu beberapa peluang profesi kemampuan dimasa depan lainya yaitu dibidang Game Design yang meliputi ; 3D Avatar Virtual Designer, 3D Virtual
Music/Theater/Show Stage Designer, 3D Virtual Event Organizer, 3D Virtual Class Room Designer, 3D Virtual Training/Seminar/Workshop Designer, 3D Virtual Company Designer, 3D Virtual Learning Class Designer, 3D Virtual Shop Designer, 3D Virtual Mall Designer, 3D Virtual Building Designer, 3D Virtual Branding Designer.

Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  • PT Indomarco Prismatama
  • Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Fakultas Seni Rupa Dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo
  • Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
  • Fakultas Teknik Komputer dan Desain Universitas Nusa Putra
  • Museum Batik Pekalongan
  • Museum Basoeki Abdullah
  • Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta
  • PT Indomarco Prismatama
  • Sutindo Group

Fasilitas

  • Laboratorium Komputer

  • Laboratorium Desain Industri

  • Laboratorium Komputer

  • Laboratorium Fotografi

  • Lapangan Basket

  • Lapangan Voli

  • Lapangan Futsal

  • Kantin

  • Klinik Esa Medhika

  • Klinik Fisioterapi

  • Kemala Ballroom

  • Perpustakaan

  • BI Corner

  • Studio Radio

  • Studio E-Learning

  • Area Wall Climbing

  • Tokopedia Corner

  • Surabi Teras

  • Masjid Baitul Gafur

Berita

Testimoni Alumni

Menjadi bagian dari DKV angkatan 2011, Univ Esa Unggul merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Kampus yang asik buat anak muda kreatif, para dosen memposisikan diri sebagai teman bukan sekedar Guru dan Murid. Kurikulum pembelajaran yang diberikan sangat up to date dengan era digitalisasi saat ini, perkuliahan tidak hanya di dalam kelas, namun kita dibekali pembelajaran hingga studi di luar negeri. Kami dibekali cara bersaing di dunia industri. Thank you Esa Unggul.

Rizky Andriansyah S.Des, Staff Multimedia & Production, PT. Melon Indonesia

Perkuliahan di DKV Universitas Esa Unggul berhasil membuat saya mewujudkan cita-cita mendirikan studio kreatif. Dibekali ilmu branding selama 5 semester mulai dari manual hingga digital. Praktek langsung di lapangan ditambah bimbingan dan networking sesama alumni, junior, senior bahkan para dosen luar biasa menjadi penyemangat dan meningkatkan rasa percaya diri. Semua ini menempa saya sehingga mampu menghadapi client dan berkompetisi di dunia nyata.

Khairunas Mauluddin M., S.Des, Founder of Fana Digital Creative Co