Desain Produk

S1 Desain Produk – Terakreditasi A Nasional (BAN-PT) dan Terakreditasi Internasional (ASIC)



Desain Produk adalah sebuah disiplin ilmu yang memadukan aspek art meet technology. Merancang sebuah konsep inovasi menjadi sebuah produk dengan keindahan bentuk yang sesuai dan dapat diproduksi secara massal dalam memenuhi need & want. Bentuk Desain Industri seperti transportation, furniture, jewelry, cellular phone, hingga mobil dengan desain terbaru adalah sebagian hasil karya di dunia yang berasal dari karya desainer industri.

Bidang Peminatan

  • Desain Transportasi (car, motorcycle, boat and train design)
  • Desain Industri (furniture, toy, footwear, home appliance and jewellery design)
  • Desain Busana

Kompetisi Lulusan

Program Studi ini mengembangkan ilmu pengetahuan yang menghasilkan konsep dan karya inovatif dalam bidang desain dan menyiapkan lulusannya untuk memasuki lapangan pekerjaan yang berbasis industri sebagai tenaga desain profesional di bidang otomotif (transportasi), perhiasan, furnitur, sepatu atau sandal, interior, mainan anak, robot, perfilman, konsultan desain, konseptor serta sebagai penyuluh. Alumninya sudah tersebar di berbagai perusahaan dan terserap 100% di dunia industri.

Lulusan Program Studi Desain Produk Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk merancang produk yang menitik beratkan pembahasan pada segi-segi visual asosiasi persepsual, dan estetika, merancang produk berdasarkan pada prinsip sains dan rekayasa, merancang produk dengan memperhatikan kendala teknis dan produksi tanpa mengabaikan segi estetis dan sasaran inovatifnya, merancang consumer products dengan pendekatan pasar bersaing, merancang isu-isu lingkungan dan sosial, membuat bahan presentasi media 3D dan animasi, membuat karya fotografi ke dalam digital imaging, berwirausaha dalam bidang jasa konsultasi desain.

Visi

Menjadi Program studi S1 Desain Produk yang unggul di Indonesia dalam bidang desain transportasi dan desain produk yang berintelektualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2033, mampu mendukung perkembangan industri kreatif nasional serta bersaing dalam tingkat global.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan formal di bidang desain transportasi dan desain produk yang menghasilkan sarjana dengan kemampuan professional yang mengintegrasikan berbagai pengetahuan dan keterampilan desain produk.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan yang menghasilkan konsep dan karya inovatif dalam bidang desain transportasi dan desain produk.
  3. Menyelenggarakan pelatihan dan penyuluhan oleh stakeholders atau para pelaku industri transportasi dan desain produk, yang bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan serta pengalaman mahasiswa dalam penerapan dan pengembangan IPTEK di dunia industri.
  4. Melaksanakan penelitian di bidang desain produk untuk meningkatkan kreatifitas dan kemandirian mahasiswa serta menanamkan jiwa kewirausahaan yang tinggi, didukung penggunaan teknologi informasi terkini sehingga menghasilkan karya yang bermutu, inovatif, dan memiliki standar nasional dan internasional.
  5. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kreatifitas, kemandirian, dan kewirausahaan dengan menerapkan keilmuan desain produk.
  6. Mengembangkan industri desain transportasi dan desain produk kepada masyarakat melalui kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintah dan industri baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Tujuan

Dalam merealisasikan visi dan misi di atas, Program Studi Desain Produk Fakultas Desain dan Industri Kreatif Esa Unggul melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan tujuan pencapaian:

  1. Menghasilkan lulusan desain produk yang memiliki moral, etika yang tinggi, berjiwa kewirausahaan yang tangguh dan berdaya saing global.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang industri otomotif dan industri produk.
  3. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam perancangan pada bidang transportasi dan produk.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu bersikap kritis sesuai dengan kaidah ilmiah dan memiliki keterampilan khusus di bidang ilmu komputer desain produk sebagai bentuk pengaplikasian dalam penjabaran bentuk ke dalam IPTEK.
  5. Memiliki jiwa entrepreunership, kreatif, dan mandiri dalam menyesuaikan perubahan tuntutan masyarakat.
  6. Dapat mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi yang terus berkembang, khususnya pada cabang ilmu Desain Produk
  7. Dapat berpikir kreatif, mandiri dan memiliki jiwa enterpreneurship untuk membantu memecahkan berbagai permasalahan yang ada dimasyarakat dengan menggunakan solusi desain.
  8. Mengabdi pada masyarakat melalui pembinaan, pelatihan, pendampingan dan pemberdayaan masyarakat.

Proses Pembelajaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
  6. Bimbingan Akademik
  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karir Lulusan

Sarjana Desain Produk dapat bekerja dan berkarir sebagai konsultan desain (sebagai konsultan pengembangan produk maupun industri),desainer konsep (sebagaiconceptor di berbagai perusahaan industri),desainer produk otomotif dan kriya (profesional dalam bidang pembuatan dan pengembangan produk kecil hingga produk besar dalam dunia industri),desainer 3D (profesional dalam 3D artist,3D modeler, 3D maker dan 3D visualization terhadap perusahaan-perusahaan berbasis industri),wirausahawan (entrepreneur),pengajar/instruktur/penyuluh (sebagai dosen, peneliti atau tenaga ahli).

Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  • PT Indomarco Prismatama
  • Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Fakultas Seni Rupa Dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo
  • Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
  • Fakultas Teknik Komputer dan Desain Universitas Nusa Putra
  • Museum Batik Pekalongan
  • Museum Basoeki Abdullah
  • PT Indomarco Prismatama
  • Sutindo Group
  • PT Global Service Indonesia

Fasilitas

  • Laboratorium Komputer

  • Laboratorium Desain Industri

  • Laboratorium Komputer

  • Laboratorium Fotografi

  • Lapangan Basket

  • Lapangan Voli

  • Lapangan Futsal

  • Kantin

  • Klinik Esa Medhika

  • Klinik Fisioterapi

  • Kemala Ballroom

  • Perpustakaan

  • BI Corner

  • Studio Radio

  • Studio E-Learning

  • Area Wall Climbing

  • Tokopedia Corner

  • Surabi Teras

  • Masjid Baitul Gafur

Berita