Desain Komunikasi Visual

S1 Desain Komunikasi Visual – Terakreditasi B

Desain Komunikasi Visual adalah ilmu desain berbasis komunikasi visual dan estetika yang memanfaatkan serta memberdayakan elemen-elemen visual sebagai alat untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan suatu pesan atau informasi yang akan dikomunikasikan agar pesan tersebut dapat mempengaruhi dan merubah perilaku sasaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan, secara informatif, komunikatif dan persuasif melalui pemahaman yang baik mengenai seni visual.

Peranan pendidikan desain menjadi bagian penting dalam perkembangan industri kreatif, guna menjawab tantangan global saat ini dan masa depan. Di Desain Komunikasi Visual anda bisa merancang desain commercial & promotion for print media & electronic, above the line and below the line. Dengan metode belajar praktikum, mahasiswa diajarkan cara membuat film, mulai dari story board, pengambilan gambar, hingga pengeditan, photography untuk desain periklanan produk dan jasa, fashion, arsitektur, dan jurnalistik.

DKV Universitas Esa Unggul. mencetak Desainer Komunikasi Visual yang matang dalam konsep dan desain yang up to date. Mahasiswa dipacu untuk jadi kreatif, baik dalam melakukan setiap aktifitas perkuliahan dengan fasilitas dan suasana akademik yang sangat memadai, mengarahkan networking untuk masa depan serta siap menjadi desainer bidang Desain Film dan TV, Desain Printing, Desain Pameran, Desain Multimedia dan Desain Ilustrasi yang handal.

Pilihan Peminatan :

  1. Desain Film TV
  2. Desain Cetak
  3. Desain Pameran
  4. Desain Multimedia
  5. Desain Ilustrasi
  6. Digital Animasi

Kompetisi Lulusan

Lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan desain di media grafis, media interaktif, media audio visual dan media komunikasi visual.

Di samping itu, lulusan mempunyai kemampuan untuk mengolah, mengembangkan, dan mengkomunikasikan konsep kreatif yang akan digunakan dalam pengembangan karya desain komunikasi visual, menyiapkan karya desain akhir (final artwork) untuk diproduksi, melakukan prosedur formal yang berhubungan dengan sistem untuk mendokumentasikan proyek desain komunikasi visual pada industri kreatif, bekerja dalam konteks sebuah organisasi desain, melindungi proses kerja dan hasil kerja desain dari penggunaan yang tidak berhak , mengoperasikan perangkat media audio visual, mempersiapkan media audio visual untuk platform (video, TV dan lain sebagainya) yang berbeda pada industri desain kreatif, membuat pencitraan yang berkualitas untuk materi audio visual; menggabungkan audio dan video ke dalam sajian multimedia dalam produksi pada industri desain komunikasi visual , mengembangkan dan membangun sikap mental dan kepribadian wirausaha.

Visi

Menjadi Program Studi desain komunikasi visual yang unggul dalam bidang media audio-video untuk mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia dan mampu bersaing ditingkat Global di tahun 2020.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar secara mandiri dan profesional dibidang desain komunikasi visual pada media-audio video dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian inovatif dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang desain komunikasi visual, terutama pada media audio-video.
  3. Turut serta membantu pemerintah dan masyarakat dalam memecahkan permasalahan khususnya dibidang desain komunikasi visual.
  4. Mengembangkan industri desain komunikasi visual baik pada media cetak dan media audio-video kepada masyarakat melalui kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintah dan industri baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan desain komunikasi visual yang memiliki moral, etika yang tinggi, berjiwa kewirausahaan dan etika bisnis serta berdaya saing Global.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompenten dalam bidang desain komunikasi visual terutama pada media audio-video.
  3. Menghasilkan lulusan yang menjadi pembelajar seumur hidup dalam bidang desain komunikasi visual.
  4. Memberikan layanan jasa kepada masyarakat dalam bidang desain komunikasi visual.

Proses Pembelajaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
  6. Bimbingan Akademik
  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karir Lulusan

Sarjana Desain Komunikasi Visual dapat bekerja dan berkarir sebagai :

  1. Art director (membuat keputusan elemen visual, gaya artistik dan gerak yang digunakan);
  2. Creative director (bertanggung jawab terhadap desain, visi dan arah pengembangan produk);  graphic designer (profesional dalam industri desain grafis dan seni grafis, yang menggabungkan bersama semua gambar, tipografi dan grafis gerak dalam rangka menciptakan sebuah desain)
  3. Multimedia designer (membuat kombinasi berbagai bentuk konten teks, audio, gambar diam, animasi, video dan interaktivitasnya)  commercial artist (dengan kemampuan untuk mengelola informasi dan pengetahuan terhadap seni murni, visualisasi dan media)
  4. Advertising agency, Graphic house / studio, Brand consultancy, Web or multimedia design, Production house, Television / broadcasting, Photography and video production, Publisher, Education institution, Animator, 3D artist, VFX artist, Game design.
  5. Menjadi entreprenuer dengan mendirikan Visual Communication Design Consultant, Designer Film dan TV, Printing, Exhibition, Multimedia dan Illustrator.

Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  • PT Indomarco Prismatama
  • Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Fakultas Seni Rupa Dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo
  • Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
  • Fakultas Teknik Komputer dan Desain Universitas Nusa Putra
  • Museum Batik Pekalongan
  • Museum Basoeki Abdullah
  • Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta
  • PT Indomarco Prismatama
  • Sutindo Group

Fasilitas

  • Laboratorium Komputer

  • Laboratorium Desain Industri

  • Laboratorium Komputer

  • Laboratorium Fotografi

  • Lapangan Basket

  • Lapangan Voli

  • Lapangan Futsal

  • Kantin

  • Klinik Esa Medhika

  • Klinik Fisioterapi

  • Kemala Ballroom

  • Perpustakaan

  • BI Corner

  • Studio Radio

  • Studio E-Learning

  • Area Wall Climbing

  • Tokopedia Corner

  • Surabi Teras

  • Masjid Baitul Gafur

Berita

Lihat Lebih Detail

Testimoni Alumni

Menjadi bagian dari DKV angkatan 2011, Univ Esa Unggul merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Kampus yang asik buat anak muda kreatif, para dosen memposisikan diri sebagai teman bukan sekedar Guru dan Murid. Kurikulum pembelajaran yang diberikan sangat up to date dengan era digitalisasi saat ini, perkuliahan tidak hanya di dalam kelas, namun kita dibekali pembelajaran hingga studi di luar negeri. Kami dibekali cara bersaing di dunia industri. Thank you Esa Unggul.

Rizky Andriansyah S.Des, Staff Multimedia & Production, PT. Melon Indonesia

Perkuliahan di DKV Universitas Esa Unggul berhasil membuat saya mewujudkan cita-cita mendirikan studio kreatif. Dibekali ilmu branding selama 5 semester mulai dari manual hingga digital. Praktek langsung di lapangan ditambah bimbingan dan networking sesama alumni, junior, senior bahkan para dosen luar biasa menjadi penyemangat dan meningkatkan rasa percaya diri. Semua ini menempa saya sehingga mampu menghadapi client dan berkompetisi di dunia nyata.

Khairunas Mauluddin M., S.Des, Founder of Fana Digital Creative Co