Esaunggul.ac.id, Logo atau yang sering kita temui dengan istilah lambang, merupakan visual identity yang sering kita jumpai di berbagai situasi kondisi. Gambaran visual yang mendeskripsikan banyak hal ini sangat berkaitan erat dengan aktivitas branding dan marketing sebuah perusahaan, yang biasanya dijadikan sebagai penanda dan kualitas bisnis serta sarana untuk membangun kesan konsumen terhadap perusahaan.

Berikut tips mendesain logo yang menarik.

  1. Gunakan teknik visual double entendre

Double entendre adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah gambar yang memiliki 2 makna. Trik satu ini bisa digunakan saat kamu hendak membuat logo untuk perusahaan. Desain visual double entendre akan memberikan kesan yang cerdas dan artistik pada logo, rancangan desainnya juga bisa memberikan nama brand tanpa perlu mencantumkannya sebagai teks pada logo.

  1. Sesuaikan padanan warna

Warna memiliki makna tersendiri, dan bisa dengan efektif digunakan pada logo untuk mengomunikasikan nilai dan ide dari sebuah brand. Oleh karena itu, penting bagi para desainer untuk menggunakan palet warna yang saling melengkapi satu sama lain. Bahkan, padanan warna yang digunakan dengan tepat juga bisa membuat logo terlihat lebih hidup dan realistis, menjadikannya relevan di benak para pelanggan.

  1. Gunakan font yang sudah di-custom

Ada banyak sekali logo yang hanya berupa tulisan. Hal tersebut sebenarnya cukup wajar karena typography memang sedang menjadi tren dikalangan desainer. Sejatinya, tidak salah untuk menggunakan stok font yang umumnya tersedia pada software merancang logo. Akan tetapi, font kreatif yang bisa menyesuaikan visi dan misi brand akan terlihat jauh lebih otentik.

  1. Manfaatkan logotype

logotype sendiri adalah sebuah desain yang menempatkan nama brand sebagai fokus utama rancangannya. rancangan desain ini cocok dijadikan tips bagi kamu yang hendak membuat logo perusahaan. Lantaran, desain ini dapat dengan segera mengaitkan nama brand dengan identitas visual logo dengan tidak menyebabkan rasa bingung untuk pelanggan. Keunggulan seperti ini menjadikan desain logotype menjadi senjata yang ampuh untuk sebuah perusahaan yang sedang menyebarkan brand identity mereka.

  1. Rancang desain yang simple

Rancangan desain yang simpel bisa memberikan karakter pada logo, membuatnya tampak unik, dan memberikan makna filosofis yang terkesan lebih dalam. Tips satu ini juga sangat relevan khususnya bagi pemula yang hendak membuat logo perusahaan. Bila merasa memiliki kemampuan desain yang tidak terlalu hebat, jangan khawatir. Dengan rancangan yang simpel, hasil desain logo kamu tetap bisa, kok, menggaet hati pelanggan.

  1. Ciptakan logo yang mudah dikenal

Logo yang sukses adalah logo yang mudah dikenali dan unik bagi sebuah brand.  Meskipun proses membuatnya terdengar sulit, nyatanya tidak demikian, kok. Dengan simbol atau gambar-gambar yang umum, kamu bisa tambahkan sedikit sentuhan menarik agar telihat berbeda dan unik. Selain itu, bagaimana caranya membuat logo mudah dikenal? Caranya adalah dengan memadukan warna dan menciptakan logo yang serupa dengan nama brand.

  1. Selipkan makna pada tiap elemen

Sejatinya, logo merupakan representasi sebuah brand dengan kisah dan makna yang unik dibaliknya. Makna di sebuah logo bisa hadir dalam bentuk yang tersirat ataupun tersurat. Nah, menempatkan makna pada elemen desain bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, tips membuat makna pada logo perusahaan yang perlu kamu ketahui adalah dengan permainan warna.